Halo user!

Lembaga Pendidikan & Pelatihan Kapal Pesiar dan Perhotelan
ISP Cruiseships & Hotel School
International Standard For Cruiseship And Hotel School

Tentang ISP – Tentang ISP

TENTANG ISP CRUISESHIPS AND HOTEL SCHOOL

 

1. Sejarah Berdirinya ISP Cruiseships And Hotel School

ISP Cruiseship and Hotel School didirikan pada bulan September 2009 atas dasar akta pendirian perusahaan No. 409/CV/2009, dan akta PT No.17 tanggal 6 september 2013.

Kehadiran ISP Cruiseship and Hotel School sebagai salah satu lembaga kursus dan pelatihan atau pendidikan non formal (PNF) di bidang perhotelan dan kapal pesiar merupakan suatu hal yang menggembirakan dan memberikan warna baru.

ISP Cruiseship and Hotel School membuka jurusan peminatan yang lebih kepada pengkhususan, namun sangat dibutuhkan, antara lain diarahkan guna mengantisipasi kebutuhan tenaga kerja di bidang perhotelan dan kapal pesiar.

Dengan berkembangnya dunia perhotelan dan kapal pesiar, seperti diketahui bahwa pertumbuhan bidang perhotelan dan kapal pesiar di dunia saat ini yang sangat pesat dapat dilihat dari penerimaan devisa melalui sektor perhotelan dan kapal pesiar yang menempati jumlah terbanyak setelah penerimaan devisa dari sektor migas, maka diperkirakan kebutuhan akan tenaga profesional perhotelan dan kapal pesiar akan semakin meningkat.

Berdasarkan prediksi dan asumsi logis tadi, maka ISP Cruiseship and Hotel School didirikan dan saat ini telah memiliki program pendidikan dan pelatihan 1 tahun, diantaranya program 1 tahun kapal pesiar, program 1 tahun perhotelan, serta program akselerasi 2 bulan akselerasi kapal pesiar yang akan menunjang kebutuhan akan tenaga profesional perhotelan dan kapal pesiar.

 

2. Pengertian Pendidikan Non Formal

Apakah Pendidikan Non-Formal (PNF) ?

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, menyatakan bahwa jalur pendidikan terdiri atas pendidikan formal, nonformal dan informal yang dapat saling melengkapi dan memperkaya. Pada Bab I Pasal 1 ayat (12), pendidikan nonformal didefinisikan sebagai jalur pendidikan di luar pendidikan formal yang dapat dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang. Selanjutnya, dalam pasal 26 ayat (1) dan (2), menyatakan bahwa pendidikan nonformal diselenggarakan bagi warga masyarakat yang memerlukan layanan pendidikan yang berfungsi sebagai pengganti, penambah atau pelengkap pendidikan formal dalam rangka mendukung pendidikan sepanjang hayat.

 

3. Tujuan ISP Cruiseships And Hotel School

Tujuan pendidikan dan pelatihan ISP Cruiseship and Hotel School diantaranya adalah :

  1. Mendidik putra – putri Indonesia menjadi tenaga ahli yang memiliki keahlian di bidang  perhotelan dan kapal pesiar serta berkepribadian sesuai dengan pancasila.
  2. Mengembangkan disiplin ilmu perhotelan dan kapal pesiar menjadi ilmu yang berdiri sendiri dan sejajar dengan ilmu-ilmu lainnya.
  3. Ikut membantu pemerintah dalam menyelenggarakan pendidikan keahlian.
  4. Ikut membantu pemerintah dalam pengadaan tenaga kerja yang sangat di butuhkan.
  5. Membantu dunia industri pariwisata –perhotelan dalam pengadaan tenaga kerja yang di butuhkan.
  6. Ikut membuka lapangan kerja baru bagi anggota masyarakat.

ISP Cruiseships and Hotel School dikelola oleh manajemen secara profesional, dengan dukungan instruktur berlatar belakang keahliannnya masing-masing, baik di dunia akademis, serta praktisi dibidang perhotelan dan di kapal pesiar, menjadikan lembaga berkembang menjadi sebuah lembaga kursus yang semakin dipercaya oleh masyarakat dan Dunia Usaha/ Dunia Industri (DU/DI).

Sistem pembelajaran berkonsentrasi dan mengacu kepada kebutuhan Hospitality Indutries dan LMB (Labor Market Based). Ini disesuaikan dengan kebutuhan industri, baik dari materi pembelajaran (hard skill) maupun keahlian mental peserta didiknya (soft skill). Harapannya peserta didik setelah menyelesaikan program kursus, dapat bersaing dan menempati posisi-posisi dalam dunia kerja pada level nasional maupun internasional.

Segala hal yang berkaitan dengan proses pembelajaran maupun pengembangan-pengembangan yang dilakukan, selalu kami landaskan pada semangat awal berdirinya lembaga, yaitu visi dan misi serta komitmen lembaga.

Share